Assalamualaikum Wr. Wb.
Saya M. Mas’ad, S.Pd.
Kepala SMP AL-AMIN Surabaya
Sekolah dibawah naungan LP. Ma’arif NU Kota Surabaya
SMP AL-AMIN SEKOLAH UNGGUL/BERPRESTASI
Sekolah unggul ialah sekolah yang dikembangkan guna mencapai keunggulan dalam keluaran/output pendidikannya.
Keunggulan dalam keluaran yang dimaksud meliputi kualitas dasar/daya pikir dan penguasaan ilmu pengetahuan, baik yang lunak maupun yang keras termasuk penerapannya yaitu teknologi Sekolah unggul memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap prestasi belajar siswanya, sehingga pendidik dan tenaga kependidikan, kepemimpinan dan manajemen sekolah yang professional menjadi fokus perhatian.
Kunci utama sekolah unggul adalah keunggulan dalam manajemen sekolah yang berorientasi pada pelayanan siswa dengan memberikan kesempatan untuk mengembangkan potensi siswa seoptimal mungkin sesuai dengan minat dan bakat mereka.
Hal ini sejalan dengan Visi SMP AL-AMIN “Unggul dalam Prestasi Berdasarkan Imtaq dan Berbudaya Lingkungan”, untuk mewujudkan SMP AL-AMIN menjadi sekolah yang Unggul/Berprestasi, sebagai pimpinan sekolah saya telah melakukan beberapa hal, yaitu:
1. Menciptakan KBM yang berkualitas yaitu (1) organisasi pembelajaran yang efisien, (2) tujuan pembelajaran yang jelas, (3) pelajaran yang terstruktur, dan (4) praktik mengajar yang adaptif dan fleksibel, dengan cara memberikan dan mengikutsertakan bapak/ibu guru ke dalam pelatihan-pelatihan atau workshop pengembangan pembelajaran
2. Mewujudkan lingkungan yang aman dan teratur, bersuasana tertib, serius, dan terbebas dari ancaman fisik ataupun psikis. Siswa diajari agar berperilaku ramah lingkungan hidup mealui program gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah atau yang biasa kita kenal dengan program Adiwiyata
3. Menjalin hubungan yang baik antara rumah dan sekolah. Para orang tua memahami misi dan visi sekolah. Mereka diberi kesempatan untuk berperan dalam program demi tercapainya visi dan misi tersebut. Dengan demikian, sekolah tidak hanya mendidik siswa, tetapi juga orang tua sebagai anggota keluarga sekolah yang dihargai dan dilibatkan.
4. Memonitoring kemajuan siswa secara berkala Kemajuan siswa dimonitor terus-menerus dan hasil monitoring itu dipergunakan untuk memperbaiki perilaku dan performansi siswa sehingga mereka bisa berkembang dengan optimal.
Demikian pemaparan program saya dalam aspek Manajemen Sekolah menuju Sekolah Unggul/Berprestasi
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar